nusakini.com -  Sir Alex Ferguson berharap dominasi tim-tim Spanyol di kompetisi Eropa segera berakhir mengingat dua pemain top dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, mulai menua.

Klub-klub Spanyol memenangi Liga Champions [Real Madrid dua kali dan Barcelona sekali] serta Liga Europa [Sevilla tiga kali] dalam tiga tahun terakhir, dan di musim ini mereka menyumbang tiga tim di babak perempat-final kompetisi primer Eropa.

Namun, Ferguson yakin negara lain akan segera mengambil alih dominasi Spanyol.

“Saya pikir sukses adalah sebuah siklus,” kata mantan manajer Manchester United itu kepada ESPN FC.

“Jika Anda berpikir tentang era 1990-an, ada AC Milan [mendominasi]. Pada 1970-an ada Ajax dan Bayern Munich. Di 1980; Liverpool. Di 1990-an; Italia, AC Milan. Lalu Inggris mengalami periode bagus dengan tiga tim di semi-final sekitar enam tahun lalu. Kami [Man United] berada di tiga final dalam empat tahun.

“Sekarang dominasi ada di Spanyol. Tak perlu mempertanyakan itu. Pertanyaan yang sama bisa ditanyakan tentang mengapa tim-tim Jerman, mengapa Bayern Munich tidak memenangi Liga Champions? Mengapa tim Italia tidak memenanginya? Mengapa Prancis tidak memenangkannya? Dan mengapa Inggris tidak memenangkannya?

“Saya pikir saat ini, sedang eranya tim-tim Spanyol. Mereka yang terbaik, dan itu sebabnya mereka memenangkannya. Tapi itu akan berubah. Anda tahu, [Cristiano] Ronaldo akan menua, [Lionel] Messi akan menua. Dapatkah mereka menggantikan para pemain ini? Saya pikir siklus akan berubah.” (fft/om)